Food History

Siomay
Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam.
Siomay awalnya hanyalah salah satu menu yang terdapat dalam makanan Dim Sum. Siomay pun dibuat dengan cincangan daging yang dibaluti oleh kulit pangsit.



Ingredient :
-Isian : ayam, udang, jamur, garam dan potato flour
-kulit : spring roll
Tekstur siomay kenyal berwarna putih kekuning-kuningan dengan hiasan telur kepiting yang berwarna orange diatasnya yang terbuat dari telur dan pewarna makanan kemudian di steam.
Makanan ini bercitarasa gurih

Bakpao Pandan
 (Hanzi: 肉包, hanyu pinyin: roubao) merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia.

Bakpao sendiri berarti harfiah adalah baozi yang berisi daging. Baozi sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau,dan sebagainya, sesuai selera. Bakpao yang berisi daging ayam dinamakan kehpao.

Kulit bakpao dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dikukus sampai mengembang dan matang. Pao itu berati “bungkusan”, Bakpao berarti “Bungkusan-bak” , bak itu artinya daging.

Untuk membedakan bakpao tanpa daging (vegetarian) dari bakpao berdaging biasanya di atas bakpao diberi titikan warna.
Ingredient :
Adonan : tepung terigu, gula, yeast, baking powder, santan
Isian.     : Gula, pewarna hijau telur, santan, terigu

Bakpao pandan ini berwarna hijau dengan tekstur yang lembut dan rasanya manis.




1 komentar: