Daily Activity


Hari Rabu 07 Maret 2018, kalau kemarin adalah hari khusus persiapan besok maka hari ini semua bahan makanan yang telah dipersiapkan diolah sampai jadi dan disajikan di restoran, open restoran pukul 10.00 semua makanan harus ready dengan tepat waktu. Hari ini kami masuk tepat waktu demi berjalan lancarnya semua kegiatan hari ini, kami diberi pengarahan dan penjelasan sedikit mengenai makanan yang keluar hari ini, semua akhirnya berjalan dengan lancar dan kami diberi kesempatan untuk mencicipi masakan kami dan luar biasa saya sangat suka dan cinta dengan masakan Indonesia.


Soto Padang
 

Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun, ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas

Resep dan cara membuat :
Soto padang merupakan soto yang berasal dari Padang, Sumatera Utara. Sama seperti soto pada umumnya, soto padang terdiri dari potongan daging sapi, soun serta perkedel. Soto ini memiliki kuah yang bening. Yang membedakan soto padang dengan soto lainnya adalah daging pada soto padang dipotong dadu atau diiris tipis lalu di goreng kering dan yang menjadi ciri khas dari soto ini adalah kerupuk merah jambunya. Rasa yang gurih dari kaldu sapi serta renyahnya kerupuk menjadikan soto padang ini nikmat sekali disantap saat santap siang atau malam.
- 300 gr daging sapi 
- 250 ml kaldu sapi
- 1 lembar daun salam yang kering
- 2 lembar daun jeruk 
- 1 buah kapulaga 
- ½ buah pekak
- 1 buah cengkeh 
- 1  batang serai memarkan
- 1 siung bawang putih  keprek
- ¼ sdt merica
- 1 sdt garam 
- 500 ml air
- ½ sdt ketumbar
- minyak  secukupnya
Bahan yang dihaluskan
- 5 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah 
- ½ cm jahe
- ¼ cm kunyit  bakar
- 5 buah cabai merah
Bahan pelengkap
- Soun
- Perkedel
- Kerupuk  warna merah jambu
- bawang goreng 
- Daun bawang 
- Jeruk nipis 

- Langkah pertama adalah dengan merebus daging dengan bawang putih dan ketumbar hingga empuk. Angkat dan lalu potong tipis-tipis atau bentuk dadu.
- Panaskan minyak, lalu goreng daging hingga agak kering atau sesuai selera. Sisihkan.
- Untuk kuah sotonya, panaskan air hingga mendidih lalu masukkan semua bumbu yang dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, kunyit bakar, dan jahe.
-  Tambahkan sisa kaldu sapi tadi ke dalamnya. Masukkan garam, daun jeruk , daun salam, serai, cengkeh, pekak, kapulaga, dan lada lalu aduk hingga mendidih.
- Setelah matang. Tata soun, daging yang sudah digoreng, lalu siram dengan kuah soto dan tambahkan perkedel,  taburan bawang merah dan daun bawang. Jangan lupa kerupuk beras warna merah jambu. Soto padang siap dihidangkan.

Cuka ikan


Ikan Cuka adalah hidangan khas Riau berbahan dasar ikan tenggiri dengan balutan bumbu merah.

Bahan :
·         500 gr ikan tengiri
·         2 sdm cabai giling
·         2 buah cabai merah, iris halus
·         5 btr bawang merah, iris halus
·         2 buah tomat, potong menjadi 4 bagian
·         1/2 sdt merica bubuk
·         1/4 sdt pala bubuk
·         2 Ibr daun jeruk, iris halus
·         1 batang serai, iris halus
·         2 cm jahe, iris halus
·         1 sdt gula pasir
·         50 ml air minyak goreng
·         Garam dan Air jeruk nipis secukupnya

Cara Membuat :
1.     Lumuri ikan tenggiri dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar, lalu goreng sampai matang dan kering.
2.     Tumis bawang merah sampai harum kekuningan. Masukkan cabai giling, cabai merah iris, tomat, merica, pala, daun jeruk, serai, jahe, gula pasir, dan garam. Aduk sampai tercium aroma harum.
3.     Bubuhi 1/2 sendok makan air jeruk nipis dan 50 ml air. Masukkan ikan, masak sambil diaduk sebentar agar bumbu meresap. Bila sudah matang angkat.
4.     Dan ikan cuka khas padang siap disajikan.


0 komentar:

Posting Komentar