Some Ingredient

Ingridient

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu..


1. Jambu Biji


Buah yang memiliki nama latin Psidium guajava adalah tanaman tropis yang banyak tersebar khususnya di benua ASIA, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam – manis. 

Sejarah singkat. Jambu biji adalah salah satu tanaman buah jenis perdu, dlm bahasa Inggris disebut Lambo guava. Tanaman ini berasal dr Brazilia Amerika Tengah, menyebar ke Thailand kemudian ke negara Asia lainnya seperti Indonesia. Hingga saat ini telah dibudidayakan & menyebar luas di daerah-daerah Jawa. Jambu biji sering disebut juga jambu klutuk, jambu siki, atau jambu batu. Jambu tersebut kemudian dilakukan persilangan melalui stek atau okulasi dgn jenis yg lain, sehingga akhirnya mendapatkan hasil yg lebih besar dgn keadaan biji yg lebih sedikit bahkan tidak berbiji yg diberi nama jambu Bangkok karena proses terjadinya dr Bangkok.

Manfaat jambu biji :
-Sebagai makanan buah segar maupun olahan yg mempunyai gizi & mengandung vitamin A & vitamin C yg tinggi, dgn kadar gula 8%. Jambu biji mempunyai rasa & aroma yg khas disebabkan oleh senyawa eugenol.
-Sebagai pohon pembatas di pekarangan & sebagai tanaman hias.
-Daun & akarnya juga dpt digunakan sebagai obat tadisional.
-Kayunya dpt dibuat berbagai alat dapur karena memilki kayu yg kuat & keras
-Pencegahan kanker. Jambu biji rendah akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.
Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak.
-Mengatasi Penyakit Jantung Koroner. Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.

sumber : http://budidaya-desa.blogspot.co.id/2014/09/sejarah-singkat-jambu-biji-jambu-batu_3.html
               https://caramenyembuhkanpenyakitasma.wordpress.com/tag/pengertian-buah-jambu-biji/
               https://caramenyembuhkanpenyakitasma.wordpress.com/tag/pengertian-buah-jambu-biji/

2. Susu bubuk
                                    Susu Bubuk

Susu bubuk sering digunakan dalam membuat kue, dalam resep-resep yang adonannya akan terlalu cair bila digunakan susu cair. Susu bubuk juga sering ditemukan dalam bantuan pangan PBB, di tempat-tempat penampungan pengungsi, gudang-gudang serta tempat-tempat lainnya di mana susu segar sulit digunakan. Susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Susu bubuk paling disukai karena  kemudahan penyimpanannya, harga ekonomis dikarenakan daya tahan susu bubuk. Beberapa produsen susu sering kali menambahkan zat gizi tertentu seperti vitamin dan mineral agar kualitas nutrisinya lebih baik. Khusus susu formula bayi, penambahan zat gizi harus memenuhi standar tertentu sehingga bisa mendekati kualitas ASI.

Sejarah Susu Bubuk.
Susu bubuk pertama kali dibuat pada 1802 oleh seorang dokter Rusia, OsipKrichevsky. Susu bubuk banyak sekali ditemukan di negara-negaraberkembang karena biaya transportasi dan penyimpanannya sangat murah(karena tidak membutuhkan pendingin). Seperti makanan - makanan keringlainnya, susu kering dianggap tidak mudah rusak dikarenakan sedikitnyakandungan air (bakteri sangat cepat berkembangbiak pada makanan yangbasah atau minuman) dan disukai oleh orang untuk menolong merekabertahan dalam bencana alam atau kecelakaan, oleh pendaki gunung danorang-orang yang membutuhkan bahan makanan yang tidak cepat rusak.

Susu bubuk mengandung sejumlah vitamin penting. Menurut US Dairy Export Council, vitamin A bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, sistem reproduksi dan membantu dalam pertumbuhan sel dan diferensiasi. Manfaat vitamin D membantu usus menyerap fosfor dan kalsium yang membantu tulang, sendi dan jantung. Manfaat vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi lipoprotein dan membran sel serta merangsang respon kekebalan tubuh terhadap penyakit. Susu bubuk mengandung asam amino seperti isoleusin, leusin, lisin, mehtionine, histidin, fenilalanin, valin, treonin dan triptofan, yang penting untuk kesehatan dan baik untuk meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan

 sumber : http://meldyiam.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-susu-jenis-proses-dan-sebab.html
                https://www.scribd.com/document/88679987/Proses-Pembuatan-Susu-Bubuk
                http://manfaat.co.id/manfaat-susu-bubuk

3. Bawang putih
                                        

Bawang putih merupakan salah satu bawang-bawangan yang digunakan masyarakat Indonesia dan menjadi andalan pada setiap masakan. Bau bawang putih sangat tajam dan juga membekas, namun banyak orang yang menyukai rasanya. Terutama setelah dimasak bersamaan dengan bahan baku lainnya. Tentu saja selain rasanya bawang putih memiliki manfaat yang sangat banyak. Baik untuk kesehatan dan kecantikan, bawang putih bisa diandalkan sebagai obat. Banyak masyarakat atau negara yang memanfaatkan bawang putih sebagai obat dan penyembuh penyakit. Lantas apa saja sebenarnya manfaat yang bisa ditimbulkan oleh bawang putih.

Sejarah bawang putih.
Bawang putih sudah dikenal manusia sejak 4.000 tahun lalu.
Dalam sebuah Papyrus Bertarikh 1500 Sebelum Masehi, ditemukan catatan bahwa orang Mesir percaya ada 22 khasiat bawang putih untuk mengobati beragam penyakit.
Tak heran bila bawang putih ditemukan di dalam makam Raja Tutankhamun dari Mesir. Selain itu, bawang putih yang diyakini orang Mesir bisa meningkatkan stamina, juga merupakan santapan para pekerja yang saat itu tengah membangun piramid.
Tak hanya bangsa Mesir, bangsa-bangsa lain juga mengakui khasiat bawang putih yang diidentikkan sebagai wonder drug. Lantaran kemanjurannya, orang Rusia menjadikan bawang putih sebagai pengganti antibiotik. Mereka menyebutnya sebagai Penisilin Russia. Sementara orang Yunani dan Romawi menggunakan bawang putih untuk mengobati lepra dan asma, serta menghalau kalajengking.
Begitu pula dengan bangsa Viking, yang dalam pengembaraannya menaklukkan berbagai negeri, selalu membawa bawang putih sebagai pelengkap logistik mereka. Bahkan pada saat perang dunia tahun 1914-1918, tentara Prancis menggunakan herbal bawang putih untuk mengobati luka.

Manfaat bawang putih :
1). Mengurangi gula darah
Pada dasarnya penderita diabetes memiliki batasan makanan dan minuman. Hal ini berkaitan dengan berbagai asupan yang bisa menaikan gula darah pada tubuh. Bawang putih ternyata bisa menurunkan kadar trigliserida pada tubuh dan kadar tinggi glukosa dalam darah. Bawang putih mengandung berbagai kandungan kompleks seperti allicin yang bisa mencegah kadar gula darah meningkat
2). Mencegah penyakit kanker
Jika rahasia ini pasti sudah diketahui banyak orang. Kanker merupakan penyakit yang banyak ditakuti sehingga berpotensi menyebabkan kematian. Bawang putih dipercaya bisa mencegah penyakit kanker dan juga berpotensi terserang. Bawang putih mengandung bahan organosulfida yang bermanfaat untuk membantu hati dalam menghasilkan senyawa kimia yang mencegah kanker usus dan kanker perut berkurang. Potong tipis dan konsumsi atau potong tipis dan gunakan atau masukan kedalam makanan yang anda konsumsi agar bekerjanya lebih maksimal.
3). Bagus untuk kehamilan
Walaupun beberapa ibu agak berat mengonsumsi makanan ini, nyatanya bawang putih sangat baik untuk kehamilan. Beberapa ibu hamil bisa mengonsumsi bawang putih untuk mengurangi resiko kehamilan pre-eclampsia dan membantu meningkatkan berat badan bayi ketika dalam kandungan. Sehingga bayi tentu lebih sehat dan juga kuat. Kandungan kalsium berbagai vitamin dan juga antibakteri sangat baik untuk kehamilan.
4). Bagus untuk penderita anemia
Penderita anemia akan tersiksa jika terus berada pada tekanan darah rendah yang menyebabkan kepala pusing atau mudah sekali kehilangan kesadaran atau pingsan. Untuk penderita anemia kandungan bawang putih bisa memberikan nutrisi seperti vitamin B1, Vitamin C dan khususnya zat besi yang memang bisa mengurangi penderita anemia mengalami penurunan tekanan darah kambuhan.
5). Mengurangi penyakit reumatik
Bagi anda yang memiliki permasalahan reumatik, memang cukup sulit mencari obatnya. Terutama karena reumatik menyangkut mengenai sendi dan juga otot. Bawang putih bisa mengurangi sakit karena reumatik anda. cukup konsumsi secara rutin. karena bawang putih mengandung bahan seperti natrium dan zink yang penting untuk syaraf, otot dan juga sendi.
6). Melancarkan pencernaan
Kandungan allicin pada bawang putih ternyata bisa meredakan perut yang menghasilkan enzim yang membuat tubuh nyeri dan juga kembung. Selain itu, allicin pada bawang putih bisa merangsang dinding perut dan usus sehingga melancarkan pencernaan. Maka anda yang sulit buang air besar bisa memanfaatkan bawang putih sebagai bahan pelega perut. Konsumsi bawang putih dengan cara memasukan kedalam setiap makanan anda.

sumber : https://kancutmerah.wordpress.com/2008/06/23/sejarah-bawang-putih/
               http://manfaatsehat.id/manfaat-bawang-putih/

0 komentar:

Posting Komentar