Local Food

HAMBURGER




Burger atau Hamburger merupakan makanan sejenis Sandwich. Terdiri dari roti bulat agak pipih dan dibelah dua. Ditengahnya disisipkan lempengan daging cincang berbumbu, disajikan dengan daun slada, irisan tomat, timun dan aneka saus. Kata burger merupakan singkatan dari hamburger..

Dewasa ini ada banyak bentuk burger. Burger biasanya disajikan dengan cara di grill, namun ada juga yang di goreng. Daging yang digunakannya pun bermacam macam. Ada daging sapi ada pula daging ayam, ikan, udang, dan tahu untuk yang vegetarian. Ada yang diproses secara tradisional dan modern. Daging burger ada yang diolah secara tradisional dan pabrikan. Proses pabrikan umumnya bentuknya tipis-tipis dan mudah didapat di pasar swalayan. Daging burger jenis ini sudah banyak di pasaran dan masyarakat pun dapat dengan mudah membuat variasi burger.

Burger atau Hamburger sudah dikenal ribuan tahun lalu. Ada banyak teori yang mengatakan asal mula burger ini. Ada yang menyebut burger pertama kali muncul di Hamburg, Jerman pada abad pertengahan. Saat itu Hamburg merupakan pusat pertemuan antar pedagang dari Arab dan Eropa. Saat itu para pedagang Arab sering makan makanan yang disebut Kibbeh, berupa daging kambing cincang dicampur dengan rempah-rempah lantas dipanggang. Penduduk Hamburg kemudian mulai berkenalan dengan makanan ini, hanya saja mereka menggantinya dengan daging sapi dan mengolahnya dengan teknik memasak ala mereka sendiri. Dari sinilah kemudian munculah nama Hamburger Steak yang kemudian menjadi sangat popular.

Kata Hamburger pertama kali muncul pada buku milik Delmonico restoran di New York pada tahun 1834. Sedangkan roti untuk hamburger sendiri yang disebut bun, menurut sejarahnya muncul saat diciptakan oleh J. Walter Anderson, seorang koki istana dI tahun 1916. Semenjak itu daging burger dan roti bun bertemu menjadi hamburger seperti dikenal sekarang ini.

Hamburger sekarang ini telah mendunia. Hampir disemua Negara dapat ditemui makanan khas ini. Saat ini hamburger tidak hanya dapat dinikmati di hotel hotel, restoran atau jarangan rumah makan cepat saji, tetapi di mini café, counter pinggir jalan dengan aneka cita rasanya. Di Indonesia, hamburger bahkan sudah begitu populer terutama dikalangan anak-anak, remaja dan kaum muda. Rasanya yang enak dan mudah dinikmati di mana saja dan kapan saja, sehingga menjadi makanan pilihan bagi kaum urban

  • Bahan Burger:
300 gram daging giling
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 sendok makan kecap inggris
50 gram tepung panir halus
1 1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kecap manis
3 sendok makan susu cair

  • Bahan Pelengkap :
6 buah roti burger
6 lembar letus
6 lembar keju smoked slice
60 gram mayones
30 gram saus sambal
60 gram saus tomat
25 gram mustard

  • Bahan Olesan (Aduk Rata): 
2 sendok teh kecap manis
2 sendok teh kecap inggris
2 sendok teh margarin

  • Cara Membuat :
Daging burger : aduk rata bahan daging burger. Bentuk bulat pipih. Kemudian panggang daging burger sambil dioles bahan olesan dan dibolak-balik sampai matang. Buka roti burger, letakkan letus, daging burger, keju smoked slice. Semprotkan mayones, saus sambal, saus tomat dan mustard.

Menu ini berlaku untuk 6 orang; sebelum disajikan masukkan burger kedalam microwave atau panaskan sebentar dalam oven agar keju meleleh.

sumber : https://heartframe.wordpress.com/2011/06/21/burger-dari-sejarah-hingga-resepnya/#more-376

Onde-Onde





  • Sejarah Onde-Onde
Sejarah onde-onde sebetulnya sudah ada sejak zaman dinasti Tang di China dan menjadi kue resmi daerah Changan/Xian. Sebagian besar pedagang dan pendatang dari China membawa makanan tradisional ini ke wilayah China bagian selatan hingga ke Asia selatan. Sebutan kue ini bermacam-macam, di Cina utara disebuat matuan, di Cina timur disebut ma yuan, dan di daerah Hainan disebut jen dai. Adapula yang menyebut kue ini dengan zhimaqiu yang artinya bola wijen.

Onde-onde disebut sebagai kuih bom di negara tetangga. Kuih bom biasanya berisi parutan kelapa manis atau kacang dan variasi pasta kacang merah. Di Vietnam, makanan ini dikenal sebagai banh cam di daerah Vietnam selatan dan banh ran di daerah Vietnam utara. Beda dengan banh cam, Banh ran diberi pengharum bunga melati dan biasanya isinya lebih kering dari onde-onde lainnya. Isinya dapat berupa pasta kacang hijau manis bahkan kadang-kadang juga diisi dengan daging cincang, bihun dan ubi, jamur, dan bahan makanan khas Vietnam lainnya. Masyarakat setempat biasanya menyajikan kue ini dengan paduan sayur dan saus celup. jajanan ini sangat terkenal di kawasan asia sejak lama, hingga sekarang.

  • Varian Onde-Onde
Pada awalnya, onde-onde ini isinya hanya gula merah dan rasanya dan bahannya juga dari tepung. Tapi sering perkembangannya, sekarang di Indonesia yang terkenal justru yang terbuat dari tepung ketan dan diisi dengan pasta kacang hijau, coklat dan lain-ain.

Makanan yang enak disantap sewaktu masih hangat ini memiiki varian lain jika di Daerah Padang. Masyarakat setempat menyaajikannya dalam bentuk bulat, berwarna hijau, kenyal, ditaburi kelapa, dan di dalamnya ada gula merah cair.

Nah kali ini saya akan menjelaskan cara pembuatan onde-onde yang diisi oleh kacang hijau.

  • Bahan kulit :
250 gram tepung ketan
25 gram tepung sagu
175 ml santan hangat
1/4 sdt garam
100 gram wijen, cuci, tiriskan dan jemur kering
  • Bahan isi :
200 gram kacang hijau tanpa kulit, rendam 1 jam
150 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
50 ml santan cair
  • Cara membuat :
1. Isi : kukus kacang hijau sampai matang, haluskan selagi panas. Campur dengan gula dan daun pandan, jerang di atas api kecil sambil diaduk hingga adonan dapat dibentuk bulat, sisihkan.
2. Kulit : campur semua bahan sambil diaduk dan diberi santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk. Bagi rata sesuai jumlah isi, bulatkan dan pipihkan, beri adonan isi rapatkan, bentuk bulat kembali.
3. Gulingkan sambil tekan pelan tiap bulatan onde pada wijen, goreng dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan.

sumber : https://goformyblog.wordpress.com/2012/11/19/sejarah-dan-resep-onde-onde/
               https://www.lyceum.id/sejarah-onde-onde-dari-zaman-majapahit-hingga-jadi-kuliner-khas-mojokerto/

0 komentar:

Posting Komentar